Friday, July 27, 2012

Contoh Soal UKG Matematika

 
Tak ubahnya seperti siswa-siswa pada umumnya ketika akan menghadapi UN beberapa bulan yang lalu, kini gelisah, dan rasa cemas itupun melanda guru-guru sertifikasi soalnya mereka akan diuji kompetensinya melalui sebuah tes UKG online. Belum lagi memikirkan materi yang akan diteskan  mikir kata "online" saja banyak guru yang nota benenya "Gaptek" dah bingung alang kepalang. hal ini wajar, karena dalam budaya kita sering di uri-uri (dilestarikan red) istilah "Bisa karena Terpaksa" alias mau belajar jika sudah kepepet.


Jauh-jauh hari ketika mereka sudah mendapat tunjangan sertifikasi, sebagian kecil saja tidak disisihkan untuk pengembangan keprofesionalan mereka malah justru terlena dengan gaya hidup yang serba wah, nah ketika muncul wacana UKG baru mereka klabakan dan bingung, bagaimana ya? gimana cara ngerjakannya? pegang mouse aja masih gemetar! 

Belum terlambat untuk memperbaiki diri tidak perlu ditakutkann masalah teknologi, teknologi dibuat untuk mempermudah dan meringankan aktivitas manusia jadi gak perlu risau dan resah, yang penting ke depan bangun jiwa yang selelu membangun dan mengembangkan diri dengan mau belajar, meskipun sudah jadi GURU tetap wajib belajar, karena belajar adalah kewajiban manusia sejak lahir hingga akhir hayat. 

dan sekarang berfokuslah pada materi keprofesian anda, dan jika anda seorang guru matematika, saya akan berbagi pengalaman kepada anda, beberapa waktu lalu saya mengikuti UKA dan PLPG, ada contoh soal yang bisa anda pelajari. Soal ini adalah Soal UKA bagi calon guru sertifikasi tahun 2012 setelah saya amati kisi-kisinya tidak jauh beda dengan kisi-kisi UKG, saya kira soalnyapun tak akan jauh beda. OK jika anda merasa ini penting silahkan dowload di sini : 

1. Soal UKA 2012di sini
2. Soal Post Tes PLPG 2012

kedua soal ini memiliki kemiripan saya anjurkan anda pelajari, saya yakin anda tak akan kecewa. mengapa saya menyatakan ini? setelah saya amati banyak sekali di dunia maya, diblog-blog dan web yang memposting contoh soal-soal UKG dan bahkan ada yang membuat dengan menggunakan multimedia berbasis flash yang display nya mirip dengan interface ada software aplikasi UKG namun kalo dilihat dari subtansi masih sangah jauh dari kisi-kisi UKG itu sendiri. sejauh yang saya amati pengetahuan pedagogik dalam UKA dan Post Tes yang saya alami bukan sekedar pengetahuan hafalan tapi merupakan pedagogik aplikatif yang berkaitan dengan matapelajaran masing-masing. jadi setiap mata pelajaran akan memiliki karakteristi yang berbeda-beda. 


selamat untuk semua guru, guru adalah insan cendikia, guru tidak takut dengan uji kompetensi. selamat berjuang

No comments:

Post a Comment