Thursday, July 21, 2011

Perangkat Pembelajaran

Perangkat pembelajaran adalah salah satu wujud persiapan yang dilakukan oleh guru sebelum mereka melakukan proses pembelajaran.
Sebab persiapan mengajar merupakan sebagian dari sukses seorang guru, maka kegagalan dalam perencanaaan sama saja dengan merencanakan kegagalan. Oleh karena itu, melakukan persiapan pembelajaran melalui pengembangan perangkat pembelajaran adalah satu hal yang sangat penting bagi seorang guru dan termasuk syarat kompetensi pedagogik yang harus dimiliki oleh seorang guru.

Selain itu, sebagai seorang guru saya berusaha untuk mematuhi amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 20, yakni merancang proses proses pembelajaran yang meliputi pembuatan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.

Berikut ini merupakan perangkat pembelajaran Matematika SMP yang telah saya susun guna memenuhi kompetensi pedagogik seorang guru.

A. Perangkat Pembelajaran Matematik Kelas VII
1. Semester I
2. Semester 2

B. Perangkat Pembelajaran Matematik Kelas VIII
1. Semester I
2. Semester 2
C. Perangkat Pembelajaran Matematik Kelas IX
1. Semester I
2. Semester 2
terima kasih semoga bermanfaat...!

No comments:

Post a Comment