Saturday, September 29, 2012

Menjelaskan jaring-jaring BRSD







Pada postingan ini, saya akan mencoba berbagi kepada teman-teman guru dalam menjelaskan jaring bangun ruang sisi datar. Materi ini pada SMP terdapat pada kelas VIII semester 2. Seperti yang saya alami, pada saat mengajarkan materi ini biasanya sebelum pembelajaran siswa – siswi saya minta membuat model Kubus, balok, prisma dan limas di rumah dari kertas karton, lalu disuruh membawa ke sekolah pada saat pembelajaran yang telah direncanakan.
Pada waktu pembelajaran saya meminta siswa untuk membelah model bangun ruang yang telah di bawanya dari rumah sehingga menjadi bangun datar. Yang saya rasakan selama ini saya keropotan dalam mengontrol aktivitas siswa di samping itu, tipe jarring-jaring dari setiap bangun cukuplah banyak sehingga ketika satu model telah di belah, maka sulit digunakan lagi untuk tipe jarring-jaring yang lain.
Salah satu solusi yang saya tawarkan untuk mengatasi hal itu adalah dengan menggunakan media berbasis TIK, dapat berupa powerpoint, video, atau Flash. Powerpoint banyak bapak/ibu guru yang sudah bisa membuat tapi dalam batasan standar (sekedar bisa dan biasa-biasa saja). Video terlau ribet dalam proses pembuatannya, sedangkan flash masih sangat awam bagi sebagian besar guru.
Lalu gimana…..?
Nggak usah bingung saya perkenalkan software aplikasi yang cukup praktis yaitu “Cabri 3D” , apa itu? Software mathematic yang sangat cocok untuk menjelaskan bangun ruang pada siswa, pokoknya jos lah….
Downloads software portable di sini
Eeee. Jangan khawatir biar nggak bingung menggunakan Cabri 3D lihat lah video berikut ini :

Untuk menemani latihan silahkan download tutorialnya di sini

No comments:

Post a Comment