Monday, February 6, 2012

Sayembara Guru Berprestasi

Banyak cara bagi guru untuk meningkatkan profesionalisme, keprofesian tidak melulu harus di tempuh dengan jalur pendidikan seperti pendidikan magister ataupun diklat-diklat. Namun profesionalisme seorang guru bertumpu pada kemauan dari guru itu sendiri untuk senantiasa memupuk kemampuan diri, dan meningkatkan motivasi berbakti dan berkarya. Adanya peraturan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan sebuah dorongan yang bertujuan untuk menyemangati para guru untuk senantiasa menjadi insan pembelajar. Insan pembelajar memiliki sifat yang senantiasa mau belajar menjadi lebih baik dari sebelumnya dengan tanpa mengabaikan tugas mengajar. 

Salah satu kegiatan yang dapat menggairahkan semangat profesionalisme kita antara lain dengan mengikuti berbagai lomba. Dengan mengikuti lomba kita senantiasa terpacu untuk lebih baik dari yang lain, selain itu kita juga dapat belajar banyak hal dengan peserta lomba yang lain. banyak ilmu dan pengalaman yang dapat kita serap melalui forum-dforum seperti itu. 

Pada tahun ini Pusat Perbukuan dan Kurikulum, Departemen Pendidikan dan kebudayaan, menyelenggarakan sayembara naskah buku pengayaan yang dipergunakan di sekolah-sekolah. Perbedaan sayembara ini  dari tahun-tahun sebelumnya adalah diperkenankannya peserta umum dan siswa SMA untuk pertama kalinya mengikuti sayembara ini. Biasanya, peserta adalah hanya guru dan tenaga kependidikan saja. Tentu ini kabar baik, dengan demikian materi naskah buku akan semakin komplek. Selain itu, diberikannya kesempatam untuk siswa SMAmengikuti sayembara ini menjadikan bahwa kemampuan dan ketrampilan menulis para siswa telah ter apresiasikan di Purskurbuk. Siswa SMA dapat mengirimkan kumpulan puisi dan novel.

Ayooooo tunggu apa lagi, mulai dari sekarang, kembangkan bakat dan kemampuan anda dalam menulis, siapa tahu andalah penulis terbaik untuk tahun 2012.

lihat ketentuan lengkapnya di  http://puskurbuk.net

No comments:

Post a Comment