Monday, February 13, 2012

RPP IPA SMP/MTs

Sudah tiga tahun ini, saya bekerja di instansi pemerintah, saya bekerja di sebuah instansi pendidikan di kalangan pemerintah daerah Kabupaten Pati atau lebih tepatnya di SMP Negeri 1 Pucakwangi. Meskipun SMP yang tempat saya bekerja ini berada di kecamatan pinggiran namun saya banyak merasakan adanya perbedaan suasana keprofesian yang cukup banyak dibandingkan dengan suasana saat dulu saya di instansi swasta di Kabupaten Demak.

Beberapa perbedaan yang saya rasakan antara lain :
di sekolah swasta :
1.  Kekeluargaan lebih terjalin dengan baik.
2. kurang terorganisir, banyak kerjaan yang tidak sesuai tugas pokok dan fungsi.
3. Sesuasana kerja lebih damai, tidak banyak dituntut, tidak banyak persaingan tapai jika tidak disikapi dengan baik akan melemahkan kreatifitas dan profesionalisme
4. Kurang Kompetitif 

di sekolah negeri :
1. Kekeluargaan agak menipis, bahkan cenderung terkotak-kotak
2. terorganisir dengan baik, bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) 
3. Suasana kerja mulai terkontaminasi dengan sebuah kepentingan tertentu
4. Lebih kompetetif

Tulisan ini adalah sebuah ekspresi pribadi yang di inspirasi dari seorang teman kerja dulu saat di Demak yang merasa kesulitan dalam mendapatkan contoh RPP mata pelajaran IPA. RPP yang saya link kan di sini memang bukan RPP yang sempurna dan juga bukan dari karya saya. RPP ini dari teman saya yang lain lalu saya share agar dapat dipergunakan untuk masyarakat keguruan yang lain. ssemoga dengan cara ini saya bisa menjembatani dan menjadi media bagi beberapa teman yang mempunyai kesulitan seperti halnya teman saya tadi, karena hanya dengan cara inilah saya mampu membantu.

Saya mengakui di sekolah-sekolah swasta yang "biasa-biasa saja" (bukan fovorit) seperti sekolah saya dulu, banyak guru yang mengajar atas dasar pengalaman dan kebiasaan yang mereka lakukan bertahun-tahun. Ibarat naik motor, guru di kelas langsung tekan starter dan tancap gas tidak terkecuali saya (dulu). Bukan lantas mentang-mentang saya sekarang di negeri, kemudian mengatakan bahwa guru swasta di sekolah swasta  yang "biasa-biasa saja"  tidak profesional. Sekali lagi bukan maksud saya seperti itu, dan saya tegaskan pula bahwa saya seorang siswa dari sekolah swasta, awal jadi guru juga guru swasta, dan saya mengakui, mengagumi dan mencoba meniru kehabatan guru swasta saya dulu.

Media ini yang menjembatani bagi mereka yang membutuhkan, atau bisa juga digunakan sebagai pembanding, siapa tahu ada hal yang bermanfaat dapat diambil dari sini, amin amin amin ya rabbal 'alamin.

berikut ini link yang dapat diunduh :

Semoga Bermanfaat 

No comments:

Post a Comment