Friday, April 5, 2013

Dongeng Perjalanan Melintasi Sungai

Ada seorang yang sedang merantau ke sebuah negeri di sebrang, dari rumah ia membawa bekal sekarung biji-bijian dengan harapan dapat dipergunakan sebagai sumber bahana makanan selama diperjalanan. Disamping itu ia juga membawa seekor ayam sebagai pelengkap bekalnya, selama perjalanan iapun ditemani oleh hewan kesayangan seekor anjing.

setelah sekian lama berkelana, sampailah ia ditepi sebuah sungai yang sangat deras aliran airnya. Di atas sungai terbentang sebuah jembatan kayu yang terlihat telah rapuh, sang pengembara ini khawatir jika ia menyeberang langsung beserta semua bekal yang ia bawa dan dengan anjingnya pula, maka jembatan itu akan runtuh dan celakalah ia tidak dapat sampai pada tujuan yang sebentar lagi akan dicapainya. Akhirnya sang pengembara itu memutuskan untuk membawa bekalnya satu persatu. 

Namun sebelum ia menyeberang terbersit dibenaknya, kalo saya bawa biji-bijian dulu ini bisa berbahaya ayam saya bisa-bisa dimakan oleh sang anjing, kalo anjing dulu yang saya bawa biji-bijianku akan habis dimakan ayam, bagaiman ni? tanya sang kelana dalam hati.

Pengunjung yang budiman bantulah sang kelana dalam dongeng di atas agar dapat menyeberangi sungai dengan selamat dan seluruh bekal yang ada bisa utuh dan dapat dipergunakan untuk melanjutkan perjalanannya sampai tujuan. Berapa kali ia harus bolak balik menyeberangi sungai itu?

Berikan komentarmu!

Baca juga kisah-kisah berikut ini :

No comments:

Post a Comment