Tuesday, April 2, 2013

Kisah Angka Nol

Satu pertanyaan yang selama ini menggelitik saya, dan paling sulit saya jelaskan dengan sebuah kalimat adalah Nol itu sebuah bilangan atau sekedar digit? jika tidak masuk dalam kategori keduanya, maka apalah artinya dan untuk apa disertakan? ada beberapa pendapat yang menyakatan bahwa nol itu sebenarnya bukan bilangan melainkan hanya sebuah penanda atau pemisah antara bilangan satuan dan puluhan dan seterusnya. Sedangkan pendapat-pendapat yang lainnya ada yang menyatakan bahwa nol itu merupakan bilangan, seperti yang kita kenal selama ini nol merupakan anggota bilangan cacah, anggota bilangan bulat dan lain-lain. Untuk memahami hal ini mari kita coba tela'ah dari riwayat terbentuknya Angka nol berikut ini : 

Sejarah Angka Nol
Kata "zero" atau nol berasal dari bahasa latin zephirum, yang berarti kosong atau hampa. Sedangkan simbol "0" berasal dari India; pada tahun 830 M Al Khwarismi menjelaskan sitem dari angka India termasuk kegunaan dari nol, tetapi sampai 400 tahun lamanya belumlah digunakan di Barat. Nol terus menerus menjadi teka-teki para sarjana pada masa itu. Gesper Tejada misalnya, menegaskan bahwa "nol itu bukanlah sebuah tanda melainkan suatu ruang kosong"
Angka nol atau kosong dalam bahasa Arab disebut "sifr", dengan angka ini kita dapat menghitung puluhan, ratusan, ribuan dan seterusnya. sebeluum angka nol ditemukan oleh orang Al Khwarizmi orang menggunakan abacus dan  sempoa semacam daftar yang merupakan jadwal dimana ditunjukkan satuan puluhan, ratusan dan seterusnya untuk menjaga agar setiap angka tidak saling tertukar dari tempat yang telah ditentukan dalam hitungan. sayang sekali abacus ini kurang dipopuler dikalangan pemakai pada waktu itu dan justru berganti dengan memakai "raqam al binji" dari penemuan Al Khwarizmi. 

Leanardo dari Pisa, atau Fibonacci (1180 - 1250) dalam bukunya Liber Abaci, menjelaskan perihal angka nol. Ia mengatakan bahwa nol dapat digunakan sebagai suatu "place holder" (penentu tempat) yang memisahkan kolom-kolom dalam gambar-gambar. atau bisa juga mewakili sebuah posisi dalam suatu skala. dalam skala suhu misalnya, nol derajat merupakan suatu satuan yang jelas, tidak berarti bahwa "tidak ada suhu" melainkan memiliki suhu yang nilainnya "nol"

Berhitung dengan Menggunakan Nol
operasi-operasi tambah, kurang, kali dan bagi dengan menggunakan nol akan menghasilkan nilai yang sangat menarik, terutama ketika kamu akan membagi sebuah bilangan dengan angka nol
  1. Penambahan suatu bilangan dengan nol bilangan tersebut tidak berubah
  2. Pengurangan suatu bilangan tertentu dengan nol bilangan tersebut tidak berubah
  3. Perkalian suatu bilangan tertentu dengan nol maka hasilnya akan selalu nol
  4. Perkalian bilangan dengan nol jika kita lakukan dengan kalkulator, membagi sebuah bilangan dengan nol, maka hasilnya akan selalu error. Karena nol meripakan satu-satunya bilangan di mana operasi pembagian menjadi tidak masuk akal.
demikian sejarah angka nol, mungkin ada kekurangan karena keterbatasan dari saya mohon maaf, anda juga bisa membaca artikel yang terkait berikut ini :
1. Al Khwarismi Pelopor Aljabar
2. Sejarah bilangan

No comments:

Post a Comment