Friday, October 11, 2013

Berbicara dalam bahasa aljabar

Saya kadang tak habis pikir bahkan jengkel, marah, dan kesal, coba sobat bantu mikir! Saya suatu ketika pada saat ngajar aljabar tanya kepada siswa saya gini : "Nak, kalo satu porsi bakso dihargai Rp 8.000,- dan saat ini saya ada uang Rp 24.000,- dan saya pakai semua tuk membeli bakso tersebut, saya dapat berapa porsi?" apa yang terjadi? Siswa-siswa saya dengan mudahnya dan serempak menjawab : "dapat tiga, Pak!"  

Lalu pertanyaan saya ganti gini : Kalo ada 8000x sama dengan 24000, berapa nilai x tersebut? mereka terdiam, dan tak sedikit dari mereka yang bingung atau bahkan gak bisa menjawab. Coba, aneh bukan!  padahal dua pertanyaan tersebut memiliki pola yang sama.


Tuk murid-muridku, dan pengunjung blog ini tak perlu risau, memang belajar aljabar dan simbol-simbol yang terlibat di dalamnya sama halnya dengan belajar bahasa asing. kesemuanya itu berarti sesuatu yang dapat diterjemahkan dari satu bahasa ke bahasa lain secara bolak balik sesuai kebutuhan. Yang terpenting dalam mempelajari bahasa asing, kita perlu mengetahui kosakatanya dan sedikit grammer nya jika diperlukan, demikian pula dengan aljabar.

__Bentuk aljabar adalah gabungan antara nilai dan operasi yang bisa digunakan untuk menunjukkan bagaimana keduanya saling berkaitan dan saling membandingkan. 2x^2 + 4x adalah contoh bentuk aljabar..

__Suku, adalah pengelompokan satu faktor (peubah dan atau bilangan) atau lebih. contohnya 4xy, perkalian adalah satu-satunya hal yang menghubungkan antara bilangan dan peubah.  Satu hal yang menarik tentang aljabar adalah menghemat energi-energi yang diperlukan untuk menulis simbol-simbol perkalian diantara huruf-huruf. bahkan menulis titikpun diantara simbol memerlukan waktu, jadi dibuatlah sistem yang lebih sederhana. ketika sebuah bilangan ditulis didepan sebuah peubah, misalnya 3x, berarti 3 dan x dikalikan.  Dalam hal ini 3 adalah koefisien. Sebaliknya penjumlahan dan pengurangan akan memisahkan suku-suku yang ada contoh 2x + 3y - 4, bentuk aljabar tersebut memiliki 3 buah suku. Simbol + dan - selalu memisahkan suku-suku, yang merupakan kelompok peubah dan bilangan yang dihubungkan dengan perkalian dan atau pembagian. Tanda plus dan minus memisahkan suku yang satu dengan suku yang lain.

__Persamaan menggunakan sebuah tanda yang menunjukkan suatu hubungan bahwa dua hal yang dihubungkan tersebut adalah sama.
__Operasi adalah sebuah aksi yang dilakukan pada satu atau dua bilangan untuk menghasilkan sebuah bilangan baru sebagai hasil. Jenis-jenis operasi dalam aljabar adalah penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, perpangkatan, penrikan akar dan lain sebagainya.

__Peubah adalah huruf yang selalu mewakili sebuah bilangan, tetapi akan berubah-ubah sampai ditulis dalam persamaan atau pertidaksamaan (pertidaksamaan adalah perbandingan antara dua nilai). Maka, digunakanlah peubah untuk menyelesaikan persamaan atau pertidaksamaan, dan nilai peubah menjadi jawaban persamaan.

__Konstanta adalah nilai atau bilangan yang di dalam persamaan tidak pernah berubah/tetap sama. Sebuah peubah dapat menjadi konstanta bila ditetapkan sebuah nilai. Biasanya peubah yang mewakili konstanta menggunakan huruf pertama alfabet. dalam persamaan ax^2 + bx + c = 0, a, b, dan c adalah konstanta, dan x adalah peubah. Nilai x bergantung pada besaran nilai a,b,dan c.

No comments:

Post a Comment