Wednesday, October 23, 2013

10 kesalahan umum yang sangat fatal

Untuk siswa - siswiku dan siswa-siswa yang lain, cermatilah 10 kesalahan yang umum dilakukan oleh kalian yang akibatnya bisa jadi fatal, dengan mencermati hal tersebut semoga kamu tidak sampai melakukan hal serupa kelak pada saat menyelesaikan soal matematika. berikut ini 10 kesalahan yang umum dilakukan, Sebagian besar aturan aljabar tampak masuk akal, sehingga mudah diingat. Namun ada beberapa diantara aturan yang tidak demikian.
Kesalahan utama terjadi pada saat mengerjakan operasi jenis pengembangan  : mendistribusikan atau memangkatkan binomial, atau memecah pecahan, atau menaikkan pangkat. kesalahan besar lainnya adalah berkaitan dengan bilangan negatif. Berhati-hati dengan getaran negatif itu.

    1. Menghilangkan suku tengah
    Binamial berpangkat memiliki tiga suku dalam jawabannya. biasanya suku yang ditinggalkan adalah suku tengah yaitu bilangan  diperolehketika mengalikan dua suku luar dan dua suku dalam dan mencari jumlah keduanya. sering hanya suku pertama dan suku terakhir yang dipangkatkan, dan suku tengah di abaikan.
    Benar :
    Salah : 

    2. Mendistribusikan
    Mendistribusikan bilangan atau tanda negatif pada dua suku atau lebih yang terletak dalam kurung bisa menimbulkan masalah jika kamu lupa mendistribusikan nilai dari setiap suku tunggal di dalam kurung. kesalahan terjadi jika kamu berhenti mengalikan suku-suku di dalam kurung sebelum kamu mencapai langkah akhir.
    Benar : x - 2 (y + z - w) = x - 2y - 2z + 2w
    Salah : x - 2 (y + z - w) = x - 2y + z - w

    3. Memecah pecahan
     Memecah pecahan menjadi beberapa bagian yang lebih kecil tidak masailah asalkan setiap bagian memiliki satu suku dari pembilang (atas) dan keseluruhan bawah (penyebut). Kamu tidak dapat memecah penyebutnya.
    Benar :
    Salah : 

    4. Memecah Akar 
    Jika pernyataan di bawah akar memiliki nilai yang saling dikalikan atau dibagi maka akar tersebut dapat dipecah menjadi akar-akar yang saling mengalikan atau membagi. Namun jangan sampai kamu memecah penjumlahan atau pengurangan yang berada di bawah akar :
    Benar : 
    Benar : 
    Salah : 

    Masih ada enam kesalahan yang lain, yaitu :  Urutan Operasi, Pangkat Pecahan, Mengalikan bilangan Dasar, Pangkat ke Pangkat, Menyederhanakan, Pangkat Negatif, akan saya uraikan pada kesempatan yang lain.

     ok sobat, kali ini saya berkesempatan lagi untuk menyambung postingan ini, keenam kesalahan yang umumnya kurang diwaspadai siswa penjelasannya adalah  sebagai berikut :

    5. Urutan Operasi
    seperti lazimnya sebuah antrian, maka ada urutan-urutan yang harus dilakukan tanpa harus saling mendahului. Pada operasi matematika sederhana, jika tidak ada petunjuk atau tanda khusus, maka urutan yang digunakan adalah pangkat --> kali/bagi --> tambah/kurang. 
    urutan operasi menyuruhkan untuk menaikkan pernyataan ke pangkat sebelum kamu menjumlahkan atau mengurangi. Negatif di depan sebuah suku berada dalam kategori yang sama sebagai pengurang. Tanda negatif tersebut harus dikerjakan paling akhir. Jika kita menhendaki bilangan negatif dipangkatkan juga, maka sertakan bilangan tersebut di dalam tanda kurung dengan sisa nilai.

    Benar : 
    Benar :

    Salah : 

    6. Pangkat Pecahan
    Pangkat pecahan memiliki pangkat pada bagian atas pecahan dan akar pada bagian bawah. Ingatlah, ketika menuliskan sebagai satu suku dengan pangkat pecahan, . Pangkat pecahan menunjukkan bahwa ada akar yang terlibat. Dua dalam pangkat pecahan berada di dasar __akar selalu menjadi bilangan di dasar.
    Benar  : 
    Salah :  


    7. Mengalikan Bilangan Dasar
    ketika mengalikan bilangan dengan pangkat dan bilangan dasar yang sama, kamu menjumlahkan pangkat dan membiarkan bilangan dasar. Bilangan dasar tidak ikut dikalikan.

    Benar : 
    Salah :  

    8. Pangkat ke Pangkat
    untuk memangkatkan bilangan berpangkat, kalikan kedua pangkatnya, jangan memangkatkan pangkatnya __yang di pangkatkan adalah bilangan dasar, bukan pangkatnya.
    Benar : 
    Salah : 

    9. Menyederhanakan
    ketika menyederhanakan pecahan dengan pembilang yang memiliki lebih dari satu suku yang dipisahkan oleh penjumlahan tau pengurangan, kamu harus menyederhanakan pecahan dengan membagi setiap suku tunggal dengan rata dalam baik pembilang dan juga penyebutnya.
    Benar : 
    Salah :
     

    10. Pengkat Negatif 
    Ketika mengubah pecahan menjadi pernyataan pangkat negatif, berilah pangkat negatif pada setiap faktor tunggal pada penyebutnya.

    Benar : 
    Salah :

    No comments:

    Post a Comment