Monday, October 14, 2013

3 Aturan Pokok Aljaabar

Sama halnya dengan mengemudikan mobil, ataupun mengendarai sepeda motor, bahkan pejalan kakipun memiliki aturan-aturan yang harus dipatuhi. Jika setiap orang mengikuti dan patuh terhadap aturan yang ia perankan niscaya kecelakaan dan kekacauan dapat dihindari. Hal sama berlaku dalam aljabar, dasar-dasar aljabar juga melibatkan aturan-aturan. Kita harus mematuhi atura-aturan aljabar ketika menggunakan peubah, bilangan dan simbol. Mengikuti aturan sangatlah penting, terutama dalam menyelesaikan soal. oleh karena kamu tidak mengetahui nilai yang di wakili oleh sebuah peubah (variabel). Atura-aturan dibuat, dan setiap orang menggunakan aturan yang sama. Alasan inilah yang mendasari aljabar menjadi bahasa yang universal. 


Aljabar menggunakan lambang-lambang, seperti peubah, dan tanda-tanda operasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat persamaan aljabar lebih mudah digunakan dan dibaca. Menggunakan simbol-simbol akan lebih mudah daripada menggunakan kata-kata. hal ini berkaitan dengan menyederhanakan, memfaktorkan dan menyelesaikan soal, yang akan mudah untuk diselesaiakan apabila dikelompokkan menjadi bagian-bagian dasar.

1. Menyederhanakan
Menyederhanakan berarti menggabungkan semua yang dapat digabungkan, memisahkan suku-sukunya dan membuat pernyataan dalam bentuk yang lebih mudah dipahami. 

2. Memfaktorkan
 Memfaktorkan berarti mengubah dua atau beberapat suku menjadi satu suku. Memfaktorkan adalah lawan dari mendistribusikan; yang artinya "tidak mendistribusikan" pada diistribusi kamu mengalikan rangkaian suku dengan faktor perseketuan. Sekarang dengan memfaktorkan kamu mencoba menemukan suku yang mempunyai persekutuan, dan kemudian mengmabilnya dengan membagi habis faktor persekutuan setiap suku.

Kamu boleh percaya pada ungkapan : "semakin besar semakin baik", yang bisa diterapkan pada gaji, kue, atau rumah.Tapi ungkapan itu tidak berlaku untuk aljabar. Kebalikan dari ungkapan itu cocok untuk aljabar : "lebih kecil lebih baik", bilangan yang lebih kecil itu lebih mudah dan lebih menyenangkan untuk dikerjakan daripada bilangan yang lebih besar. Dalam kaitan ini memfaktorkan adalah mengubah dua suku atau lebih menjadi satu suku yang dihubungkan dari perkalian dua bilangan yang lebih kecil.

3. Menyelesaikan
Menyelesaikan maksudnya mencari jawaban. Atau dalam aljabar lebih dikenal dengan mencari nilai pengganti peubah (variabel) agar persamaan menjdi pernyataan yang benar. Menyelesaiakan persamaan sangat menantang dan mengasyikkan karena ada sesuatu yang dicari. Kamu mencari sesuatu (biasanya berupa variabel, misalnya x) dan mendapatkan jawaban yang dapat kamu gunakan untuk memeriksa kembali apakah jawabmu benar atau salah. Seperti main puzel. 

Menyelesaiakan setiap langkah dan menggunakan setiap alat untuk memainkan permainan ini sangat mungkin. Menyederhanakan, memfaktorkan, menyelesaiakan, dan memeriksa kembali. Tunggu penjelasan berikutnya pada postingan yang akan datang. 

No comments:

Post a Comment