Friday, October 11, 2013

Kekuatan Aljabar

Secara umum salah satu mata pelajaran yang aku sukai adalah matematika, sepanjang aku menimba ilmu dari SD hingga SMA nilai matematika saya boleh di kata termasuk golongan atas lah di kelas saya. Bahkan saat menjelang EBTANAS (sekarang UASBN) di SD waktu itu, Bapak Kepala Sekolah ber "ujar" : "Barang siapa dari siswa siswinya yang bisa mendapat nilai 9 di EBTANAS maka ia akan saya beri bonus uang Rp 10.000,- (waktu itu  uang segitu sangat berharga). 


Setelah pengumuman hasil EBTANAS, Danem turun ada 4 siswa yang mendapat nilai lebih dari 9, salah satu diantara mereka adalah aku. Karena kesukaan saya terhadap matematika sampai SMA pun saya ambil jurusan IPA lalu dilanjutkan Kuliah Pendidikan Matematika dan kini menjadi guru matematika di SMP. 

Di luar apa yang menjadi kesukaan atau kemampuan saya dalam hal matematika, secara pribadi pernah juga saya merasa risau atau lebih tepatnya perang batin, timbul berbagai pertanyaan dalam benak saya "Akan saya gunakan untuk apa ilmu matematika ini?", "Mengapa saya mempelajari matematika sedetail ini, toh paling nanti yang banyak digunakan hanya tambah, kurang, kali dan bagi. Buat apa rumit-rumit bahas Aljabar?". 

Sebagai guru, jika ada siswa saya yang bertanya demikian mungkin saya juga sulit memberi jawaban yang baik dan meyakinkan. Namun saya pernah membaca sebuah buku, disana ada sebuah ungkapan :
"Jika engkau memiliki seekor kambing yang hilang, sebutlah kambing tersebut dengan sebutan x lalu aljabar akan membantumu menemukannya"
 ungkapan ini cukup menggelitik saya, kok bisa ya aljabar menemukan kambing yang hilang?
Ada kejadian beberapa pekan yang lalu, disebuah apartemen ada seorang pria yang tak dikenal identitasnya lompat dari lantai 9 dan mati, lalu iapun disebut dengan Mister X, beberapa hari kemudian akhirnya diketahui identitasnya. Apakah yang menemukan identitasnya Aljabar? (JK)

Btw, ada buku lain yang baru-baru ini saya baca. Dalam buku tersebut si penulis menjawab : Mengapa kita belajar Aljabar? Jawabnya dengan tegas : "Aljabar akan memberimu kekuatan". Aljabar akan memberimu kekuatan dalam melakukan hal-hal yang lebih besar dan baik dalam matematika. Aljabar memberimu kekuatan untuk mengetahui bahwa kamu mengetahui suatu hal yang tidak diketahui oleh temanmu atau tetanggamu. Aljabar memberi kekuatan untuk membantu orang lain mengerjakan tugas atau untuk menjelaskan kepada adikmu tentang proses matematika yang logis. Aljabar adalah sistem simbol dan aturan yang secara umum dipahami, tanpa mempedulikan bahasa yang digunakan. Aljabar memberi proses metodis yang jelas dan dapat diikuti dari awalhingga sampai akhir. Aljabar merupakan alat organisasi yang paling bermanfaat jika diikuti sesuai dengan aturan-aturan yang tepat. 

"Aljabar kekuatan yang menakjubkan!"

No comments:

Post a Comment